Senin, 26 Januari 2015

SILABUS KURIKULUM 2013

T U G A S    I N D I V I D U
MATA KULIAH : MANAJEMEN SUMBER BELAJAR
DOSEN PEMBINA : Dr. BASUKI AS’ADIE, M.Ag
PROGRAM STUDI : MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO



NAMA MAHASISWA
:
Dwi Tanto Sunar Wahyu Nanda
NIM
:
13160017



E-mail
:
dwitanto_po@yahoo.co.id
Blog
:
dwitantosunarwn.blogspot.com
FB
:
Dwi Tanto SWN









MENGKRITISI SILABUS KURIKULUM 2013

NAMA                         : Dwi Tanto Sunar WN

NIM                             : 13160017

Satuan Pendidikan       : SMA

Kelas                           : XI SEMESTER II

KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
MASUKAN
3.6 Memahami makna toleransi dan kerukunan
1.       Toleransi dan kerukunan
Mengamati
·       Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait dengansikap toleran dan kerukunansecara individu maupun kelompok.
·       Mengamati tayangan video Atau mengamati langsung  sikap toleran dan kerukunan

Menanya
·       Mengajukan pertanyaan tentang bentuk-bentuk perilaku  toleran dan kerukunan dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat, Apakah hikmah yang terkandung didalamnya?

Mengumpulkan Informasi
·       Menelaah bentuk perilaku  toleran dan kerukunandalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
·       Diskusi tentang hikmah  berperilaku sikap toleran dan kerukunan, dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
·       Melakukan simulasi bentuk perilaku sikap toleran dan kerukunankehidupan dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat dengan baik dan benar
Menalar/Mengasosiasi
·       Menyimpulkan ketentuan dan dasar hukum tentang sikap toleran dan kerukunandalam kehidupan dengan baik dan benar, berdasarkan al-Qur’an dan Hadits
·       Menyimpul bentuk perilaku sikap toleran dan kerukunandalam kehidupan dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat 
·       Menyimpulkan hikmah berperilaku sikap toleran dan kerukunan dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
·       Menerapkan bentuk perilaku sikap toleran dan kerukunan dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
Mengomunikasikan
·       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang sikap sikap toleran dan kerukunan dalam kehidupan
·       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
·       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
·       Menanggapi simulasi bentuk perilaku sikap toleran dan kerukunan dalam  kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun masyarakat
·       Berprilaku  toleran dan kerukunan baik di sekolah, rumah, maupun  masyarakat
Sikap
·       Melakukan obeservasi langsung terhadap perilaku  toleran dan kerukunanbaik disekolah, rumah dan masyarakat
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
·       Isi diskusi hikmah  berperilaku sikap toleran dan kerukunan
·       Sikap toleran dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari

Pengetahuan
·       Tes pilihan ganda dan uraian

Keterampilan
·       Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan sebagai data untuk pembuatan makalah dan  laporan tentang  perilaku  toleran dan kerukunandalam  kehidupan sehari-hari
·       Membuat laporan tentang hikmah berperilaku sikap toleran dan kerukunan
6 JP
•Al-Qur’an dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media lainnya  yang relevan
·  Refrensi lain yang relevan
 

  Sudah Memenuhi Kriteria, Karena Sumber Belajarnya Sudah Lengkap.
Untuk sumber belajar yang dirancang dalam materi ini sudah cukup lengkap dan sudah baik.
4.8 Menampilkan contoh perilaku toleransi dan kerukunan.
3.9 Memahami pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah.


2.       Pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
Mengamati
·       Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait dengan pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah,secara individu maupun kelompok.
·       Mencermati ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah

Menanya
·       Mengajukan pertanyaan tentang ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah

Mengumpulkan informasi
·       Diskusi tentang ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·       Diskusi mengenai hikmah pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah

Menalar/Mengasosiasi
·       Menyimpulkan ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·       Menyimpulkan hikmah ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah

Mengomunikasikan
·       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang ketentuan ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
·       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
·       Berlatih menerapkan ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·       Menampilkan kemampuan menerapkan ketentuan  dan tata cara pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·       Menunjukkan sikap menghargai dan menghormati  pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Sikap
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
·       Isi diskusi bagaimana melaksanakan pelaksanaan penyelenggaraan jenazah dengan baik dan benar
·       Memahami sikap menghormati dan menghargai pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah

Pengetahuan
·       Tes pilihan ganda dan uraian

Keterampilan
·       Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan tentang masalah pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·       Membuat  konsep pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·       Membuat laporan tentang memahami sikap menghormati dan menghargai  pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·       Membuat konsep pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
·       Membuat  laporan tentang ketentuan syariat Islam tentang tata cara pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
12 JP
·   Al-Qur’an dan tarjamah
•Buku teks PAI
•CD, VCD, MP3 dan media lainnya  yang relevan
·   Refrensi lain yang relevan
 

  Sudah Memenuhi Kriteria, Karena Sumber Belajarnya Sudah Lengkap.
Untuk sumber belajar yang dirancang dalam materi ini sudah cukup lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar